Svarga
Klik untuk lihat detail buku

Svarga adalah kata dalam bahasa sansker- ta yang berarti ‘surga’, menggambarkan pendekatan antarmanusia secara spiritual. ProfesorYuval Noah Harari dalam bukunya yang mengundang kontroversi, Sapiens, menyatakan bahwa dalam sejarahnya, Homo sapiens berkembang ke arah saling ketergantungan dalam bidang politik dan ekonomi. 

Sebagian orang berpendapat bahwa kita adalah bagian dari komunitas dunia, yang membuat kita wajib untuk bekerja sama untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Ini merupakan faktor pen- dorong gerakan-gerakan kesadaran yang menyoroti ketidakadilan pada ekonomi dunia, dengan mempercayai bahwa setiap individu mampu membuat perubahan dengan memilih sebuah gaya hidup yang memberikan dampak positif pada kema- nusiaan. “Impact trip” merupakan cara baru untuk menikmati liburan, seperti juga akomodasi co-living, yang merangkul akti- vitas sosial yang unik dari penduduk lokal, meningkatkan apresiasi terhadap manu- sia dan kultur di area sekitar akomodasi tersebut. Kita mampu menciptakan neraka atau surga dunia, tergantung kelompok masyarakat mana yang kita pilih. Dan faktor terbesar yang menyatukan umat manusia adalah semangat kemanusiaan, di mana harapan dan pencarian kebaha- giaan merupakan kepentingan bersama. 

Svarga merupakan simbol dari dampak yang bisa dihasilkan jika umat manusia bersatu dan bekerja sama, memberikan kemurahan hati dan pengetahuan den- gan imbalan rasa bahagia, menciptakan semacam surga di atas bumi, mengurangi kerusakan dan penyakit sosial yang tercip- ta dari perjalanan sejarah umat manusia. Desain memperlihatkan produk-produk berbasis kriya bernilai tinggi untuk meng- garisbawahi warisan tradisi yang tak ternilai harganya dan kearifan lokal pelaku kriya tradisional, yang eksistensinya kini sebagai penjaga budaya.

0
SHARE